Asian Games 2018 : Melaju Mulus Di Asian Games Ini Wujud Misi Ambisius Sun Yang!

0
125
Asian Games 2018 : Melaju Mulus Di Asian Games Ini Wujud Misi Ambisius Sun Yang!
Asian Games 2018 : Melaju Mulus Di Asian Games Ini Wujud Misi Ambisius Sun Yang!

cairnenergy.org, Asian Games 2018 – Perenang andalan China, Sun Yang, dielu-elukan bagai bintang rock saat memasuki venue renang Asian Games 2018, Stadion Akuatik di Gelora Bung Karno, Senin (20/8/2018). Teriakan-teriakan bernada penuh kekaguman terlontar dari para fans asal China yang datang langsung ke Stadion Akuatik.

Sun Yang membalas dukungan itu dengan berkelas. Pemegang tiga emas Olimpiade tersebut membuat suporternya semakin histeris dengan menjuarai lomba 800 meter gaya bebas putra.

Sun Yang menang dengan meyakinkan. Dia mencatatkan waktu 7 menit 48,36 detik, mengungguli perenang Jepang  Shogo Takeda (7 menit 53,01 detik), dan atlet Vietnam, Huy Nguyen (7 menit 54,32 detik).

Medali emas tersebut sangat istimewa. Ini kali kedua nomor 800 meter gaya bebas dilombakan di Asian Games. Sebelumnya, nomor tersebut hanya pernah dilombakan pada Asian Games 1951.

Sun Yang menggenapinya dengan rekor. Catatan waktunya memecahkan rekor nomor tersebut di Asian Games.

“Rencananya adalah menggeber kecepatan pada 200 meter terakhir dan itu berjalan bagus. Hasil ini membuat saya percaya diri menghadapi Olimpiade Tokyo 2020,” kata Sun, seperti dilansir Channel News Asia.

Sun Yang memang berangkat ke Asian Games Jakarta dan Palembang dengan misi ambisius. Dia ingin membawa pulang empat medali pulang sekaligus.

Hebatnya, Sun tak pernah main-main dengan ambisinya. Terbukti dia telah setengah langkah mewujudkan misi tersebut.

Perjalananannya di Asian Games 2018 diawali dengan meyakinkan. Turun di nomor 200 meter gaya bebas putra, Sun Yang tak terbendung.

Medali emas itu merupakan akhir penantian Sun Yang selama delapan tahun. Dia datang ke Indonesia tanpa modal medali emas Asian Games. Pada edisi 2010 dan 2014, dia hanya mendulang perak.

“Medali ini saya tunggu selama delapan tahun, dari China sampai Jakarta. Ini adalah mimpi,” kata Sun Yang saat pengalungan medali.