Cerita-Cerita Penyelam yang Berjibaku Cari Lion Air PK-LQP

0
65
Cerita-Cerita Penyelam yang Berjibaku Cari Lion Air PK-LQP
Cerita-Cerita Penyelam yang Berjibaku Cari Lion Air PK-LQP

cairnenergy.org – Tim SAR gabungan masih berusaha mencari korban jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP. Tim penyelam merupakan ujung tombak dalam proses ini.

Merekalah yang turun ke kedalaman laut untuk mencari jenazah korban dan sisa bangkai pesawat. Selama sepekan, tim gabungan mengevakuasi banyak korban.

Lihat Masih Banyak Korban

Tim SAR gabungan terus berupaya melakukan pencarian korban Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang. Sebab, masih banyak korban berada di dasar laut dan belum terevakuasi para tim penyelam.

Selain fokus kepada korban, para penyelam juga mencari Cockpit Voice Recorder (CVR) yang belum ditemukan.

“Kemudian tadi kami juga mengerahkan ROV sebelum para penyelam turun sejauh radius 250 meter dan terlihat masih banyak korban yang harus dievakuasi,” kata Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Lawan arus kuat bawah laut

Perjuangan tim penyelam saat melakukan pencarian korban pesawat Lion Air PK-LQP tidak mudah. Betapa tidak, mereka harus berjibaku dan ekstra kerja keras melawan arus bawah laut yang sangat kuat di perairan Karawang.

Sejauh ini mereka menembus kedalaman 35 meter dengan halangan ketebalan lumpur sekitar 2 meter.

“Untuk jarak pandangnya masih bisa dilihat. Tetapi karena kendala arusnya saja. Dua sampai tiga meter masih kelihatan,” kata penyelam dari Gegana Satuan Brimob Polda Metro Jaya AKP Ibrahim Sajak.

Temukan Buku Yasin

Beragam cerita terungkap saat para penyelam melakukan pencarian korban pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang. Salah satunya ialah ketika tim SAR gabungan menyisir dasar laut banyak menemukan sejumlah barang milik penumpang. Di antaranya buku Yasin.

“Tadi pagi, kita nyelam dapat lima baju. Kemudian dapat seat belt, ada Yasin,” tutur Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Perairan Karawang, Jawa Barat, Jumat (2/11/2018).

Temukan Mesin dan Roda Pesawat

Tim gabungan SAR kembali menemukan serpihan dari Pesawat Lion Air PK-LQP, yang tenggelam di Perairan Karawang, Jawa Barat. Salah satu yang ditemukan di hari ke-6 pencarian adalah turbin alias mesin pendorong pesawat.

Selain itu, tim juga melihat badan pesawat Lion Air. “Sudah banyak temuan barang besar seperti dua turbin, kemudian dua roda yang lain juga sudah terlihat,” kata Kepala Basarnas Marsekal Madya M Syaugi.