Pilpres 2019 : Jelang Debat Cawapres, Ma’ruf Amin Bertemu Menteri dan Ahli

0
12
Pilpres 2019 : Jelang Debat Cawapres, Ma'ruf Amin Bertemu Menteri dan Ahli
Pilpres 2019 : Jelang Debat Cawapres, Ma'ruf Amin Bertemu Menteri dan Ahli

cairnenergy.org, Pilpres 2019 – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin bertemu sejumlah tokoh jelang debat ketiga. Pertemuan itu berlangsung di kediaman Ma’ruf Amin di Jalan Situbondo, Jakarta Pusat.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertemu Ma’ruf Amin.

Bambang, usai pertemuan mengakui membahas debat dengan Mustasyar PBNU itu. Kendati, Bambang mengelak lebih banyak bahas soal Ikatan Ahli Ekonomi Islam, yang Ma’ruf sebagai ketua dewan pertimbangan dan Bambang adalah ketua umum.

“Debat ya sedikit, tapi kita lebih banyak bahas organisasi,” ujar Bambang kepada wartawan usai pertemuan di kediaman Ma’ruf, Rabu (13/3).

Bambang membantah apabila tim ahli berkumpul untuk membahas debat. Dia menyebut hanya banyak pihak yang bertemu sang kiai. Bambang datang ke rumah Ma’ruf sekitar pukul 19.00 sampai 20.20.

“Di dalam pasti ada banyak orang,” imbuhnya.

Pantauan Merdeka.com, orang-orang yang keluar berbarengan dengan Bambang di antaranya adalah Deputi V Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jaleswari Pramodhawardhani. Jaleswari diketahui saat debat pertama mondar-mandir bertemu Ma’ruf Amin mempersiapkan debat.

Adapula sejumlah ahli yang berkaitan dengan tema debat ketiga. Yaitu, peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), dan akademisi IPB Iman Sugema, dan akademisi UIN Jakarta Asrori S. Karni. Direktur Program dan Kampanye TKN Aria Bima juga menyambangi Ma’ruf, namun pulang lebih dahulu.

Sebelum Bambang dkk, turut hadir Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Lukman mengaku hadir atas undangan Ma’ruf, namun tak menyebut apa yang dibahas.

“Bicara macam-macam lah,” kata Lukman yang hadir di lokasi sejak pukul 16.40 sampai 18.50.

Debat Cawapres akan digelar pada 17 Maret 2017 mendatang. Tema debat kali ini adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial budaya.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Ace Hasan Syadzily mengaskan cawapres Ma’ruf Amin siap menjalani debat pada 17 Maret. Dia yakin Ma’ruf bisa menjawab segala macam ‘serangan’ termasuk isu BPJS.

“Kami sudah sangat siap dengan jawaban tersebut Pak Kiai Ma’ruf Amin sudah menguasai BPJS,” kata Ace di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Menurut Ace, Ma’ruf sudah sangat menguasai persoalan BPJS. Termasuk masalah bleeding BPJS juga akan dijelaskan Ma’ruf.

“Apa faktor-faktor yang menyebabkan bleeding tentu semuanya akan dijelaskan oleh Pak Kiai Ma’ruf Amin,” ungkapnya.

Politikus Partai Golkar ini menegaskan TKN sudah memiliki jawaban terkait masalah BPJS. Namun, ia memyerahkan kepada Ma’ruf untuk memaparkam deretan solusi tersebut saat debat.

“Tidak akan saya Ungkapkan sekarang itu akan jadi domainnya Pak Kiai Ma’ruf,” ucapnya.