Berita Terkini : Pemprov DKI Segera Bangun 1,8 Juta Lubang Drainase Vertikal

0
12
Berita Terkini : Pemprov DKI Segera Bangun 1,8 Juta Lubang Drainase Vertikal
Berita Terkini : Pemprov DKI Segera Bangun 1,8 Juta Lubang Drainase Vertikal

cairnenergy.org, Berita Terkini – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun drainase vertikal secara masif. Pemprov DKI menargetkan pembuatan sebanyak 1,8 juta drainase.

“Kita akan secara masif membangun vertikal drainase, jadi kemarin diperlukan kira-kira 1,8 juta lubang drainase yang harus dibangun di Jakarta,” ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta, Rabu, 5 Desember 2018.

Nantinya, drainase vertikal akan berfungsi sebagai pencegahan turunnya tanah di Jakarta. Ia juga mengatakan bahwa saat ini di Jakarta pembuangan limbah dan air selokan berbeda, sehingga dapat merusak lingkungan dan struktur tanah di Jakarta.

“Jadi air tanah kita itu kualitasnya makin menurun, karena justru yang dimasukkan ke sungai air limbah. Seharusnya diolah dulu tapi septik tank kita itu mayoritas semuanya diserap ke dalam tanah. Sementara air hujan malah dialirkan ke luar sungai,” katanya menambahkan.

Saat ini Pemprov DKI telah berhasil melakukan uji coba di drainase vertikal yang berada di Kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Menurut Anies, di lapangan terbuka hijau tersebut banyak air yang menggenang dan tidak dapat menyerap ke dalam tanah. Maka dari itu, kawasan tersebut dijadikan lahan uji coba drainase vertikal.

“Lapangan tempat itu ruang terbuka hijau dan airnya tak menyerap. Kemudian dibuat, ketika hujan lebat ternyata airnya langsung surut. Jadi masyarakat di sana sudah melihat langsung,” tuturnya.