Pilpres 2019 : Ini Kata Jokowi Saat Anis Masuk Bursa Capres

0
187
Pilpres 2019 : Ini Kata Jokowi Saat Anis Masuk Bursa Capres
Pilpres 2019 : Ini Kata Jokowi Saat Anis Masuk Bursa Capres

cairnenergy.org,Pilpres 2019 – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan masuk bursa untuk menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2019. PAN, PKS, dan Partai Demokrat disebut tengah menjajaki kemungkinan Anies untuk menjadi capres.

Menanggapi hal itu, Presiden Jokowi menilai masuknya nama Gubernur DKI Jakarta itu dalam bursa capres merupakan hal positif. Menurutnya, semakin banyak calon yang maju dalam pilpres, semakin baik untuk masyarakat.

Saya kira semakin banyak pilihan-pilihan yang disodorkan kepada masyarakat saya kira sangat bagus, siapa pun. Sangat bagus,” kata Jokowi usai menghadiiri acara Rembuk Nasional Aktivis 98 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (7/7/2018).

Sementara itu, Jokowi sudah mengantongi nama calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampinginya di Pilpres 2019. Jokowi mengaku akan mengumumkan pasangannya itu dalam waktu dekat.

Presiden Jokowi (Foto: Antara)

“Sudah ada, tinggal diumumin,” katanya.

Sekadar diketahui, sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak mau berkomentar soal banyaknya dukungan yang disematkan kepadanya agar maju menjadi Capres di 2019.

Anies menilai, pembicaraan perihal capres merupakan wilayah para ketua parpol. “Dan kita tunggu saja seperti apa, dan prinsip saya adalah sederhana, saya sampaikan dari awal bahwa sudah ada calon bukan selama ini, biarkan para pimpinan partai menentukan,” ujar Anies di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Jumat (6/7/2018).

Anies menegaskan tak mau lagi menjawab pertanyaan soal isu cawapres maupun capres. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku ingin fokus soal permasalahan di Jakarta, seperti persiapan Asian Games 2018, kemacetan dan penataan pedagang kaki lima (PKL). “Kalau tanyanya tentang Jakarta, saya jawab,” kata Anies.

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengaku galau karena Anies Baswedan digadang-gadang maju di Pilpres. Sandiaga mengaku bahwa Partai Gerindra memang sedang melirik tiga sosok untuk diusung sebagai cawapres.

Selain Anies, ada nama Agus Harimurti Yudhyono (AHY) dan Menko Perekonomian era SBY, Chairul Tanjung.

“Ini yang menjadi posisi saya dilematis ya, andilau antara dilema dan galau, karena Gerindra melihatnya kalau salah satu tokoh yang berprestasi Pak Anies, Pak AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), dan Pak CT (Chairul Tanjung),” kata Sandi sapaan akrab Sandiaga di TMII, Jakarta Timur, Sabtu, 7 Juli 2018.