Timnas Myanmar Ingin Bertahan Lebih Lama di Piala AFF 2018

0
43
Timnas Myanmar Ingin Bertahan Lebih Lama di Piala AFF 2018
Timnas Myanmar Ingin Bertahan Lebih Lama di Piala AFF 2018

cairnenergy.org – Timnas Myanmar akan menjalani laga pertama Grup A Piala AFF 2018. Bermain di kandang sendiri melawan Kamboja di Stadion Mandalar Thiri, Mandalay, Senin (12/11/2018), Myanmar ingin langsung tancap gas.

Timnas Myanmar baru mengumumkan skuat final pada Minggu (11/11/2018). Namun, bukan berarti persiapan mereka dadakan. Sebaliknya, tim asuhan Antoine Hey itu menyebut sudah siap untuk mengirim pulang Kamboja tanpa poin.

Pelatih asal Jerman itu menegaskan skuatnya akan bertahan lebih lama dari sekadar fase grup di Piala AFF 2018. Hal itu menyiratkan, the White Angels membidik fase gugur, dimulai dengan membungkam Kamboja.

“Target kami sebenarnya hanya bermain baik. Tapi, kami butuh bertahan lebih lama, lebih dari sekadar di fase grup. Seluruh pemain dalam kondisi fit dan haus kemenangan,” kata Hey dalam sesi konferensi pers jelang pertandingan, Minggu (11/11/2018).

“Saya yakin dengan adanya lima tim di grup, yang terpenting adalah memenangi pertandingan karena saya prediksi (penentuan ke semifinal) tidak akan ditentukan lewat selisih gol. Selama kami mendapat poin penuh, itu akan cukup,” lanjut Hey.

Di sisi lain, pelatih yang baru beberapa bulan menangani Timnas Myanmar itu mengungkap pertimbangan utamanya saat menciutkan skuatnya menjadi 23 pemain adalah faktor fleksibilitas sang pemain.

Ia menuturkan, membutuhkan opsi pemain yang bisa bermain dalam beberapa posisi. “Kami akan bermain dalam empat laga, itu berarti kami harus melihat pemain yang memiliki opsi bermain dalam area yang berbeda,” ujarnya.

“Kamboja bukan tim kecil dan mereka berkembang pesat. Tapi, buat kami tak ada yang namanya “laga yang harus dimenangi”. Kami harus bekerja keras dan menghasilkan kemenangan itu,” kata Hey.

Nama-nama seperti David Htan dan Aung Thu masuk daftar 23 pemain di Piala AFF 2018. Selain itu, setidaknya 11 pemain lain yang dibawa saat beruji coba kontra Indonesia di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang (10/10/2018), juga jadi amunisi Hey di Piala AFF kali ini.

Sejauh ini prestasi terbaik Timnas Myanmar di Piala AFF adalah finis di peringkat keempat pada edisi 2004 dan semifinalis pada Piala AFF 2016.